HR FOR NON HR LEADER

Bale
HR FOR NON HR LEADER

HR FOR NON HR LEADER

17 Januari 2019

“Every manager ia  HR manager – every supervisor is HR supervisor”

Pernah mendengar istilah tersebut ? .  Ya. Dalam manajemen modern, istilah tersebut bukanlah hal yang asing. Mengapa ?  Karena meskipun sebuah perusahaan telah memiliki divisi / departemen HR / SDM , pada hakekatnya setiap karyawan mendapatkan tugas dan bertanggung jawab kepada atasan langsungnya masing-masing . Dalam keseharian, tentunya atasan masing-masing yang paling mengetahui dan mengenal perilaku dan kinerja karyawannya.

Jadi  pengeloaan sumber daya manusia teramat penting untuk hanya dikuasai oleh bagian HR saja, setiap supervisor / manajer / general manager  wajib memahaminya karena sesungguhnya managerlah yang paling tahu tentang anggota tim nya. 

Kita tentunya mengihndari adanya perbedaan persepsi atau disharmonisasi hubungan kerja antara para manajer lini dengan manajer atau pengelola HRD. Masing-masing pihak seringkali memiliki harapan dan pandangan yang berbeda mengenai peran masing-masing di dalam kaitannya dengan pengelolaan sumber daya manusia. Sebagai contoh yang paling sederhana saja misalnya adalah: manajer lini berpendapat bahwa adalah tugas HR departemen yang seharusnya menyusun uraian pekerjaan atau job description dan spesifikasi / kriteria calon karyawan atau job specification, bagi seluruh karyawan; sementara manajer HR berpendapat bahwa salah satu tugas manajer atau atasan langsung karyawan, di samping tugas bisnisnya, adalah menulis uraian pekerjaan karyawannya karena mereka yang paling tahu apa yang harus dikerjakan pada karyawan mereka. Perbedaan pendapat ini tidak perlu terjadi seandainya manajer lini memiliki pengertian mengenai bagaimana pentingnya mereka bersedia bekerjasama dalam menerapkan sistem-sistem HR yang telah disiapkan para pengelola bagian HR .

Dalam manajemen  modern, tanggung jawab mengelola manusia bukan hanya tanggung jawab Bagian HR, melainkan juga tanggung jawab masing-masing bagian. Mulai dari merekrut, mengembangkan dengan coaching dan training ,  appraisal, sampai dengan menghadapi permasalahan karyawan , semua proses tersebut melibatkan atasan pada masing-masing .

Hal apa saja yang harus dikuasai oleh seorang leader terkait dengan pengembangan dan pengelolaan sumber daya manusia ?

  1. erubahan lingkungan bisnis dan dampaknya pada tuntutan Sumber Daya Manusia dan peran Supervisor / Manajer Lini dalam pengelolaan Sumber Daya Manusia
  2. engertian dan proses perencanaan tenaga kerja (SDM); peran Supervisor / Manajer Lini dalam perencanaan (SDM); keterkaitan perencanaan SDM dengan uraian pekerjaan; manfaat uraian pekerjaan bagi Manajer Lini, dan peran Manajer Lini dalam uraian pekerjaan
  3. engertian Rekrutmen dan Seleksi, dan peran atasan langsung dalam pemenuhan kebutuhan SDM dari luar (rekrutmen & seleksi) serta dari dalam (Promotion from Within)
  4. odel proses pelatihan, berbagai metode pelatihan & pengembangan, dan peran Manajer Lini dalam sistem pelatihan & pengembangan karyawan
  5. Siklus Manajemen Kinerja dan Kompensai, serta peran Manajer Lini dalam sistem penilaian kinerja
  6. rinsip-prinsip dasar dalam Hubungan Industrial agar Manajer Lini sedapat mungkin menghindarkan karyawan dari potensi konflik hubungan industrial

Jadi dengan memahami bagaimana cara mengelola dan mengembangkan sumber daya manusia di unit kerja masing-masing, maka kinerja para leader akan semakin efektif dan efisien, karena tidak selalu bergantung kepada HR.