Mengelola Sistem Manajemen Kinerja Karyawan (Employee Performance Management System)

Bale
Mengelola Sistem Manajemen Kinerja Karyawan (Employee Performance Management System)

Mengelola Sistem Manajemen Kinerja Karyawan (Employee Performance Management System)

16 November 2018

“Ketika orang-orang tahu dan mengerti apa yang diharapkan dari mereka, dan mereka terlibat dalam membentuk pengharapan itu, maka mereka akan dapat melaksanakan dan mencapainya”

Mengelola sistem manajemen kinerja yang baik, terpadu dan sesuai dengan visi , misi dan value perusahaan, merupakan sebuah proses yang sangat mutlak diperlukan oleh perusahaan, untuk menjawab pertanyaan tersebut di atas.

Tugas tersebut, bukan hanya harus dikuasai oleh para penanggung jawaba SDM di perusahaan. Mengapa ? Karena dalam hal ini, setiap atasan , minimal level supervisor , memiliki peranan penting untuk mengelola sistem manajemen kinerja yang baik. Mereka memiliki bawahan yang mereka beri tugas dan peran untuk melaksanakan perkejaan tertentu. Untuk itu, level supervisor, hingga jabatan tertinggi di perusahaan , perlu memaham bagaimana mengelola sistem manajemen kinerja dengan baik.

Manajemen kinerja adalah proses sistematis oleh sebuah lembaga yang melibatkan para karyawannya, sebagai individu dan anggota kelompok, dalam meningkatkan efektivitas organisasi dalam pencapaian misi dan tujuan lembaga

Manajemen kinerja yang baik adalah alat untuk memastikan bahwa para pimpinan mengelola secara efektif bahwa mereka :

  • Menjamin orang atau tim yang mereka kelola mengetahui dan memahami apa yang diharapkan dari mereka
  • Memiliki keterampilan dan kemampuan untuk memenuhi harapan-harapan ini
  • Didukung oleh organisasi untuk mengembangkan kapasitas guna memenuhi harapan-harapan ini, diberikan umpan balik tentang kinerja mereka

Memiliki kesempatan untuk mendiskusikan dan memberikan kontribusi untuk tujuan dan sasaran individu dan tim