10 Tips Customer Service

Bale
10 Tips Customer Service

10 Tips Customer Service

18 Juni 2015

Tidak dapat dipungkiri selain kualitas produk yang menonjol, kepuasan pelanggan terhadap pelayanan kita pun turut menjadi aspek mengapa pelanggan makin jatuh cinta terhadap produk kita. Bahkan dengan sukarela–tanpa kita minta, mereka akan mempromosikan produk kita kepada saudara, kerabat, teman dan kolega. Berikut 10 Tips “Customer Service” agar pelanggan makin cinta :

  1. Selalu berusaha memberikan lebih dari yang diharapkan. Ketika “customer service” lain akan merespon pelanggannya dalam 24 jam, maka anda harus merespon dalam kedipan mata alias ngebut.
  2. Buat pelanggan anda merasa special dan penting. Bayangkan jika pelanggan anda menerima pengiriman barang dalam 1 jam padahal dia mengharapkan keesokan harinya. Tentu dia akan merasa senang. Senang adalah perasaan yang sangat indah. Senangkanlah pula pelanggan anda dengan hal-hal yang unconditional, seperti tiket gratis training, seminar, produk gratisan dsb.
  3. Buatlah pipi pelanggan ada merona dengan memberi pujian tentang diri pelanggan anda maupun dengan mengingat hal-hal kecil yang tidak diingat oleh orang lain namun anda ingat. Bahkan ketika mereka sedang mengalami hari yang buruk, buatlah mereka merasa nyaman untuk berbicara dengan anda.
  4. Service anda hari ini harus lebih baik dari hari kemaren. Dan service anda pun harus lebih baik, minimal sama dengan competitor anda, jikalau tidak ingin pelanggan anda kabur.
  5. JUJUR, terhadap kualitas produk maupun pelayanan anda. Bayangkan apabila pelanggan tidak menemukan apa yang telah anda janjikan. Kecewa tentunya. Parahnya, mungkin dia akan beralih ke produk sejenis namun dari pesaing anda.
  6. Kuasai produk dan pekerjaan anda, agar anda terlihat sedikit smart meskipun anda tidak terlihat begitu ganteng.
  7. Up to date. Upgrade terus pengetahuan anda tentang trend produk, terlebih tentang keinginan, kebutuhan dan harapan pelanggan terhadap produk dan anda.
  8. Selalu terbuka ketika menerima kritik dan saran dari pelanggan.
  9. Pelayanan yang konsisten. Apapun cuaca hari itu, bagaimanapun suasana hati anda saat itu, tidak boleh mempengaruhi kualitas pelayanan yang ada berikan. Selalu memberikan senyum dan kepuasaan bagi pelanggan.
  10. Jangan malu untuk meminta maaf. Ketika terjadi kesalahan dan ketidakpuasan, jangan sungkan untuk meminta maaf. Hal yang mudah dan pelanggan menyukainya. Kita tahu bahwa pelanggan tidaklah selalu benar, tapi kita juga tahu bahwa pelanggan haruslah selalu menang. Buatlah pelanggan merasa nyaman untuk complain, dan hargai keluhan mereka. Dan pastikan mereka tahu bahwa kita telah melakukan sesuatu untuk mengatasai dan memperbaiki akan keluhan mereka.

Semoga dengan menerapkan tips-tips “customer service” diatas, anda dan pelanggan anda akan semakin dapat saling memuaskan.